Factor-faktor yang mempengaruhi kecil besarnya penetapan suku bunga

Factor-faktor yang mempengaruhi kecil besarnya penetapan suku bunga adalah sebagai berikut :
1. Kebutuhan dana. Apabila bank kekurangan dana, sementara permohonan pinjaman meningkat, maka yang dilakukan oleh bank agar dana tersebut cepat terpenuhi dengan meningkatkan suku bunga simpanan.
2. Persaingan. Dalam memperebutkan bunga simpanan, maka disamping factor promosi, yang paling utama pihak perbankan harus memerhatikan pesaing.
3. Kebijaksanaan pemerintah. Dalam arti baik untuk bunga simpanan maupun bunga pinjaman kita tidak boleh melebihi harga yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.
4. Target laba yang diinginkan. Sesuai dengan target laba yang diinginkan, jika laba yang diinginkan besa, maka bunga pinjaman ikut besar dan sebaliknya.
5. Jangka waktu. Semakin panjang jangka waktu pinjaman, akan semakin tinggi bunganya, hal ini disebabkan besarnya kemungkinan resiko di masa mendatang. Demikian pula sebaliknya jika pinjaman berjangka pendek, maka bunganya relative lebih rendah.
6. Kualitas jaminan. Semakin likuid jaminan yang diberikan, semakin rendah bunga kredit yang dibebankan dan sebaliknya. Sebagai contoh jaminan sertifitikat deposito berbeda dengan jaminan sertifitikat tanah.
7. Reputasi perusahaan. Bonafitifiditas suatu perusahaan yang akan memperoleh kredit sangat menentukan tingkat suku bunga yang akan diberikan nantinya, karena biasanya perusahaan yang bonafit kemuningkinan resiko kredit macet di masa mendatang relative lebih kecil dan sebaliknya.
8. Produk yang kompetitif. Maksudnya adalah produk yang dibiayai tersebut laku di pasaran. Untuk produk yang kompetitif, bunga kredit yang diberikan relative lebih rendah jika dibandingkan dengan produk yang kurang kompetitif.
9. Hubungan baik. Nasabah utama biasanya mempunyai hubungan yang baik dengan pihak bank sehingga dalam penentuan suku bunganya pun berbeda dengan nasabah biasa, ini berdasarkan keaktifan serta loyalitas nasabah yang bersangkutan terhadap bank.
10. Jaminan pihak ketiga

Sumber: http://id.shvoong.com/business-management/investing/2145876-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-suku/#ixzz1SRMfir6O

Tinggalkan komentar